Pages

The Author

My Name is Pradhana Wiku Radya

The Culinary Club

Grup Umum - Penagihan, kelompok wisata kuliner dan jalan-jalan

Kelompok Integritas

Kelompok Integritas, dalam rangka ICV KPP Pratama Pangkalan Bun Tahun 2014

My Best Friends

Alfian, Afit and Syarif

With My Wife

Her name is Hayat Resti Utami

Catatan seorang pegawai pajak, mencoba menulis untuk aktualisasi diri dan berbagi

20/11/14

Film “Dua Sisi” 713 Art Cinema Tembus 30 Besar Lomba Film Anti Korupsi DJP 2014

Pangkalan Bun - Ada hal yang cukup mengejutkan dan menarik perhatian para pegawai pada homepage portal DJP hari Senin lalu (12/11/14), DJP mengumumkan 30 Nominasi Film Pendek tentang Anti Korupsi yang diselenggarakan oleh Direktorat Kepatuhan Internal dan Transformasi Sumber Daya Aparatur atau lebih dikenal dengan sebutan Direktorat KITSDA. KPP Pangkalan Bun sebagai salah satu peserta mestinya bersyukur dan bangga karena instansinya yang terletak di sebuah kota kecil di provinsi Kalimantan Tengah termasuk dalam nominasi tersebut. Film yang berdurasi sekitar 4 menit dengan judul “Dua Sisi” lolos seleksi tim internal dan masuk dalam nominasi 30 besar. Ditemui disela jam kerjanya Arswendy D. (24) selaku sutradara sekaligus kameraman mengaku tidak menyangka film hasil usaha timnya mampu menembus angka 30 besar, dia juga optimis film tersebut mendapat perhatian lebih dari dewan juri nantinya. Pendapat serupa juga dilontarkan oleh Pradhana Wiku R. (26) selaku penulis naskah, “Film ini memiliki keunikan tersendiri sehingga layak masuk nominasi” tandasnya.

Film “Dua Sisi” merupakan film pendek hasil karya tim 713 Art Cinema yang dimotori oleh Arswendy 2 bulan yang lalu. Bermula dari dorongan Bapak Tri Wibowo (Kepala KPP Pratama Pangkalan Bun) dan disambut dengan antusiasme Bapak Henry D. Simamora (Kepala Sub Bagian Umum KPP Pratama Pangkalan Bun) untuk ikut ambil bagian dalam lomba film pendek yang diadakan Direktorat KITSDA. Wendy, begitu sapaan akrabnya mengajak rekan-rekannya sesama pegawai KPP Pratama Pangkalan Bun untuk menjadi pemeran dalam filmnya. Meskipun dalam pembuatan film tersebut banyak menemui hambatan dan terkendala oleh sarana dan prasarana yang sangat minim namun akhirnya pengambilan gambar film tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari, dan proses editing yang memakan waktu sekitar 2 minggu sebelum akhirnya dikirim ke Direktorat KITSDA. Tak disangka film hasil karya timnya tersebut akhirnya kini masuk 30 besar.

Secara umum film “Dua Sisi” merupakan film hitam putih minim dialog yang menampilkan dua sisi kehidupan. Satu sisi menggambarkan kehidupan Budiman (diperankan oleh Bryan Dwi R.) pegawai pajak yang jujur dan berprestasi, sedangkan disisi lain Pak Broto (diperankan oleh Tulus Danaarta), digambarkan sebagai seorang pimpinan yang pemalas dan korup. Dalam film tersebut tidak nampak penyampaian pesan yang terkesan  menggurui. Dipadu dengan musik latar yang memberikan penekanan disetiap peralihan antar frame dan adegannya semakin memberi kesan karakter yang kuat dalam film tersebut. Dari berbagai ulasan tersebut maka pantaslah film “Dua Sisi” tersebut menembus jajaran nominasi 30 besar.

Banyak dukungan dan ucapan selamat yang didapatkan KPP Pratama Pangkalan Bun atas masuknya film tersebut dalam jajaran 30 besar. Tidak hanya dari internal pegawai, dukungan juga disampaikan KP2KP Pelaihari, melalui akun twitternya (@KP2KP_Pelaihari) mengucapkan selamat kepada KPP Pratama Pangkalan Bun yang masuk 30 besar film pendek anti korupsi. 

Nantinya film pendek dari KPP Pratama Pangkalan tersebut akan diputar di Ruang Galeri Lantai 1 Kantor Pusat DJP dari tanggal 24 s.d. 28 November 2014 bersama dengan 29 film lainnya. Dari 30 besar film nantinya akan dipilih 10 terbaik, yang kemudian ditentukan juara I, juara II, dan juara III-nya oleh tim juri dari pihak eksternal DJP. Tim juri yang beranggotakan Ine Febriayanti, Riri Riza, dan Emil Heradi, yang merupakan profesional di bidang perfilman yang akan menjadi juri film pendek tersebut nantinya. Harapan kedepannya dengan masuknya KPP Pratama Pangkalan Bun dalam nominasi tersebut dapat mengangkat nama KPP Pratama Pangkalan Bun di Kantor Pusat dan meningkatkan motivasi pegawai terutama yang memiliki minat di bidang kesenian. (red)

09/11/14

Sebentar lagi aku jadi Ayah...

Dear Blogger

Tak terasa sudah 5 bulan lamanya "dedek" panggilan kesayangan kami kepada sang bayi berenang-renang dengan riang gembira di perut bunda nya.

Ada kisah haru dan konyol ketika mengawali proses ini, begini ceritanya... #kemudiansinarredup

Sekitar bulan Juni akhir, di bulan ramadhan tahun 2014. Setelah 6 bulan lamanya istri tersayang ikut ke kota manis pangkalan bun dan menjalani biduk rumah tangga, namun ternyata Tuhan belum memberikan anugerah terindahnya kepada kami berdua yakni si buah hati.

Hingga akhirnya di hari jumat (klo ga salah) 2 hari menjelang istri mudik ke kampung halaman, si istri telat sekitar beberapa hari. Namun karena bulan-bulan kemarin pernah gitu jadi kami cuek aja hingga saat sore hari sehabis solat ashar saya cerita ke beberapa teman mengenai hal ini, oleh salah satu teman saya disarankan segera cek kehamilan istri karena istri dia yang hamil kasusnya hampir serupa. Berbekal motivasi dari temen akhirnya pulang kantor saya cuss ke apotek dan membeli tes pack, ga tanggung-tanggung 5 test pack saya beli dari yang paling murah hingga yang termahal hehehe.

Sampai rumah #konyolnya saya minta istri buat tes urin, istri yang sedang masakpun kebingungan lalu menyarankan besok pagi saja ketika air seni optimal buat di cek. Namun saya memaksa dan menunjukan salah satu test pack yang termahal dan ada tulisannya "Bisa dipakai kapan saja" #kayakiklanobatpuyeng.

Akhirnya istri menyanggupi dan menjalani test tersebut hehehe. Sehabis tes dilihat strip nya ternyata masih se strip, agak kecewa sih tapi ga papa yang penting sudah jelas positif negatifnya. Tapi lama-lama koq samar-samar keluar strip satu lagi, saya kaget melihat hal itu. Rasa senang bingits memancar hehehe.

Malamnya langsung cuss ke Dokter Kehamilan buat cek n konsultasi, oleh dokter disarankan meminum obat sebelum mudik agar rahim nya kuat hehee. Paginya kita test pack lagi loh, buat habisin stock test pack dan memastikan itu beneran 2 strip atau khayalan, ternyata memang benar,, Alhamdulillah :)

Finally dedek sampai sekarang alhamdulillah sehat bersama bundanya, semoga hingga persalinan diberikan kelancaran dan kesehatan... aamiin....

Be safe my baby, love you, youre my everything :)



(kondisi usg dedek dari 0 bulan sampai 4 bulan)

The Culinary Club, sebuah manifestasi dari rasa haus kebersamaan...

Dear Blogger,
setelah sekian bulan lamanya tidak menulis, akhirnya saya mencoba untuk kembali meramaikan blog sederhana ini yang dulu pernah berjaya #ahyangbonenglugan

sudah cukup lama diri ini penempatan di KPP Pratama Pangkalan Bun tercinta (1 Desember 2008 - sekarang) artinya sudah banyak hal yang saya alami disini #yaiyalah. Selama itulah banyak yang mutasi pindah dan datang, anak baru silih berganti, mutasi kasi dan lainnya.

Saya di tahun ini diberikan amanat oleh yang terhormat Bapak Kepala KPP sebagai Juru Sita yang bertempat di Seksi Penagihan, istilahnya saya diangkat dari sebelumnya Petugas TPT bagian NPWP menjadi Juru Sita (dari lantai 1 ke lantai 2). Pengangkatan ini melambungkan imajinasi saya kepada film korea berjudul "Jang Geum" atau "Dong Yi" dimana pemeran utama nya mendapat kenaikan pangkat jabatan dari Perawat Istana dan Pemusik Istana menjadi Dokter Istana dan Selir Raja.

Ada rasa kebanggaan pastinya, namun seperti pepatah mengatakan "With Great Power comes Great Responsibility" artinya ya dapat jabatan tinggi juga dapat tanggung jawab besar #kuranglebihgt

Beramunisi 1 orang Kasi, 2 orang JSPN(Juru Sita Pajak Negara) dan 1 orang pelaksana Seksi Penagihan dinobatkan sebagai seksi tersepi di kantor hehehe...

(Beberapa kegiatan yang sudah dilakoni nih, udah kayak film series ajah)

Oleh karena itulah saya dan teman-teman penagihan iseng-iseng mengajak seksi sebelah (baca : umum) yang berjumlah 4 orang buat rutin makan siang bersama tiap hari Rabu hehehe. Ternyata kedepannya kelompok mini ini ga cuma makan siang saja tapi juga nge cafe bareng, karaoke dan kegiatan asyik lainnya.


 (Yang ini pas lg karaoke gara-gara mati lampu sejak jam 8-3 sore #ShameOnYouPLN)

 (Ini cafe yang kemaren didatengin, tempatnya cozy beudh)

 (Pertama kali saya main UNO nih cengo abis,
dari saya bayi cuman lihat iklan dan ceritanya aja tp ga pernah main)
(Kegiatan "Dugong Mania" alias renang,
 ini pas mati lampu dan terpaksa renang di Hotel berbintang #biayarenangmahal)

Udah ya segitu dolo tulisan dari saya, maklum cape habis ujian UAS UT (efek ga lulus D3 Khusus 3x), plus kepala nyut-nyut karena dah tua. Oia tentang anggota kelompok kenapa ga saya kenalin, ya biasa privasi, klo terkenal n saya ditanya-tanyain kan syusah. Apalagi salah satunya bintang musik metal suroboyo hueheheheh #peacebro.

Ada tambahan lagi nih, sekalian bantuin temen si Bintang Metal Suroboyo :


vote eaps,,, thenkyahhh..